Ki Gelar Dialog Publik Perkembangan Kip Di Kalteng

By 15 Feb 2016, 14:21:34 WIBWarta PPID

Ki Gelar Dialog Publik Perkembangan Kip Di Kalteng

PALANGKA RAYA – Menilik Perkembangan Keterbukaan Informasi Publik di Kalimantan Tengah, Komisi Informasi (KI) Kalteng menggelar dialog publik dengan materi bahasan "PPID Utama sebagai Implementasi Keterbukaan Informasi Publik di Kalimantan Tengah” di Café Kopi Jos, Jalan S. Parman atau Jalan Arut Nomor 45, Palangka Raya, Rabu, 11 November 2015.

Dalam acara yang dihadiri perwakilan dari sejumlah SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Kalteng, kalangan akademisi serta jurnalis media cetak dan elektronik ini, perwakilan Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Kalteng memaparkan sejumlah program kerja dan kegiatan yang telah dilaksanakan dalam menjalankan fungsinya sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama di lingkup Pemprov Klateng.
Sementara itu, narasumber dari Kalteng Pos sebagai perwakilan media coba mengupas tentang keterbukaan informasi dari sisi pemberitaan media massa dimana dalam hal ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Berbeda dengan UU Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, pada UU Pres pemerintah sebagai pemegang kebijakan tidak harus menunggu hingga 10+7 hari kerja untuk memberikan informasi karena akan berdampak pada date line pemberitaan. Adapun wartawan/reporter tetap harus berpegang pada kode etik jurnalistik dalam meminta informasi.
Dialog publik yang dikemas dalam format santai ini berjalan cukup dinamis dimana sejumlah hadirin melontarkan berbagai pertanyaan dan tanggapan terkait pengalaman dan perkembangan keterbukaan informasi publik di Kalteng saat ini. Dari sini dapat dilihat bahwa telah ada sejumlah kemajuan di sektor keterbukaan informasi publik, meski harus diakui bahwa masih ada banyak pekerjaan rumah yang mesti dilakukan untuk meningkatkan pelayanan informasi publik di Bumi Tambun Bungai.

Sumber : http://ppid.kalteng.go.id/baca/ki-gelar-dialog-publik-perkembangan-kip-di-kalteng