Perkuat Koordinasi, Sosialisasi Pengembangan PPID Digelar

By 15 Feb 2016, 14:27:41 WIBWarta PPID

Perkuat Koordinasi, Sosialisasi Pengembangan PPID Digelar

PALANGKA RAYA – Dinas/Badan/Unit Kerja di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah kembali diingatkan untuk selalu mengedepankan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dalam menghadapi para pemohon informasi sesuai amanat Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang KIP.

Sejak diberlakukannya UU KIP tersebut, kini tidak ada alasan bagi Badan Publik untuk menutup akses bagi para permohon informasi kecuali untuk informasi-informasi yang masuk kategori dikecualikan. Terlebih ada sanksi hukum atau konsekuensi yang mesti diterima, jika suatu badan publik terbukti menyembunyikan informasi dan pemohon informasi mengajukan keberatan hingga ke ranah hukum.
Untuk itu, guna menyegarkan kembali ingatan Badan Publik akan pentingnya pelayanan informasi yang prima sekaligus mengoptimalkan kinerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang ada, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Tengah menggelar kegiatan Sosialisasi Pengembangan PPID Dishubkominfo Provinsi Kalimantan Tengah di Aula Dishubkominfo, Jalan S. Parman Nomor 1, Palangka Raya, Jumat, 27 November 2015.
Selain mengulas mengenai pelayanan prima dan konsekuensi hukum yang bisa diterima Badan Publik, dalam forum PPID kali ini pun seluruh Badan Publik yang terdiri dari PPID Utama dan PPID Pembantu kembali diminta untuk memperkuat koordinasi dalam pelayanan informasinya agar tujuan untuk pelayanan yang murah, mudah, cepat dan tepat dapat tercapai.
Sementara itu, guna meminimalisir ketidakpuasan publik atas pelayanan informasi, Badan Publik diingatkan untuk memperbaiki dan memutakhirkan Daftar Informasi Publik (DIP) yang dimiliki. Pelatihan penyusunan DIP inipun telah dianggarkan oleh PPID Utama dalam tahun ini.

Sumber : http://ppid.kalteng.go.id/baca/perkuat-koordinasi-sosialisasi-pengembangan-ppid-digelar