Berada >>

Frequently Ask Question

Populer

Apa saja dasar hukum dari layanan publik PPID di Kabupaten Barito Timur?
Surat Keputusan Bupati Barito Timur No.   Tahun 2015.

Apa itu SKPD ?
SKPD singkatan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah adalah unsur pembantu Gubernur dalam penyelenggaraan pemerintah daerah yang terdiri dari Sekretariat Daerah, Sekertariat DPRD, Dinas Daerah, Lembaga Teknis Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja dan Lembaga Lain Bagian dari Perangkat Daerah.

Apa itu Unit Kerja ?
Unit Kerja adalah satuan organisasi perangkat daerah yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Timur.

Apa yang disebut sebagai Informasi ?
Informasi adalah keterangan, pernyataan, gagasan, dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna, dan pesan, baik data, fakta maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar, dan dibaca, yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik dan non elektronik.

Apa itu Informasi Publik ?
Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh Pemerintah Kabupaten Barito Timur yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Barito Timur lainnya, serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.

Apa yang disebut sebagai Pelayanan Informasi ?
Pelayanan informasi adalah jasa yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Timur kepada masyarakat pengguna informasi.

Apa yang disebut sebagai Akses Informasi ?
Akses informasi adalah kemudahan yang diberikan kepada seseorang atau masyarakat untuk memperoleh informasi publik yang dibutuhkan.

Apa saja yang disebut sebagai Dokumen ?
Dokumen adalah data, catatan dan/atau keterangan yang dibuat dan/atau diterima oleh Pemerintah Kabupaten Barito Timur dalam rangka pelaksanan kegiatannya, baik tetulis diatas kertas atau sarana lainnya maupun terekam dalam bentuk apapun, yang dapat dilihat, dibaca atau didengar.

Apa saja termasuk dalam Dokumentasi ?
Dokumentasi adalah pengumpulan, pengolahan, penyusunan dan pencatatan dokumen, data, gambar dan suara untuk bahan informasi publik.

Siapakah Komisi Informasi ?
Komisi Informasi adalah lembaga mandiri yang berfungsi menjalankan undang-undang dan peraturan pelaksanaan, yang menetapkan petunjuk teknis standar lanyanan informasi publik dan menyelesaikan sengketa informasi publik melalui mediasi dan/atau ajudikasi non litigasi.

Apa itu PPID ?
PPID singkatan dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah pejabat yang bertanggungjawab dibidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di Pemerintah Kabupaten Barito Timur.

Kalau PPID Pembantu ?
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu selanjutnya disingkat PPID-Pembantu adalah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang berada pada Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Siapa yang bisa disebut pengguna informasi publik ?
Pengguna informasi publik adalah orang/badan yang menggunakan informasi publik.

Siapa saja yang bisa memohon informasi publik ?
Pemohon informasi publik adalah warga negara dan/atau badan hukum Indonesia yang mengajukan permintaan informasi publik. Namun untuk menjaga penggunaan informasi dengan baik, setiap pemohon informasi wajib melengkapi persyaratan seperti identitas diri dan tujuan dari memperoleh informasi tersebut.

Bagaimana cara saya mendapatkan informasi publik di Kabupaten Barito Timur?
Kabupaten Barito Timur telah memiliki portal website resmi di http://www.baritotimurkab.go.id. Dalam portal tersebut, Anda dapat menemukan link ke berbagai website SKPD yang ada di lingkup Kabupaten Barito Timur. Namun untuk kemudahan Anda dalam melakukan pencarian dan mendapatkan informasi publik, Anda dapat langsung mengunjungi website resmi PPID Kabupaten Barito Timur di alamat http://ppid.baritotimurkab.go.id.

Apa yang harus saya lakukan jika tetap tidak menemukan informasi yang saya butuhkan di website ?
Website PPID Kabupaten Barito Timur menyediakan Daftar Informasi Publik (DIP) yang secara kontinyu diperbaharui. Namun jika Anda tidak menemukan informasi yang Anda butuhkan pada DIP tersebut, kami mempersilahkan Anda untuk mengisi formulir permohonan informasi.

Bagaimana cara saya mengirimkan formulir permohonan informasi tersebut ?
Anda dapat langsung datang ke PPID Kabupaten Barito Timur yang beralamat di Kantor Bupati Barito Timur, Jl. A. Yani No. 24 Tamiang Layang dengan membawa formulir dan identitas diri. Atau Anda juga bisa menggunakan email untuk mengirimkan formulir dan identitas Anda ke email resmi PPID Kabupaten Barito Timur yaitu ppid@baritotimurkab.go.id

Berapa lamakah saya harus menunggu informasi yang saya mohonkan  tersebut ?
Mekanisme telah diatur jelas dalam SOP PPID Kabupaten Barito Timur. Anda bisa mengakses menu Mekanisme Layanan pada website ini.

Permohonan Informasi saya ditolak. Kemana saya harus mengajukan keberatan ?
PPID Kabupaten Barito Timur berhak mengecualikan sebuah informasi jika informasi yang dimohonkan tersebut diputuskan DIKECUALIKAN oleh Tim Pertimbangan PPID Kabupaten Barito Timur. Begitu juga PPID Kabupaten Barito Timur berhak menghitamkan atau mengkaburkan beberapa bagian dokumen yang dianggap bersifat rahasia . Namun Jika Anda keberatan atas hal tersebut, Anda dapat mengajukan keberatan dengan mengikuti mekanisme yang sudah ada. Anda bisa mengakses menu Mekanisme Layanan pada website ini.

Apa saya tidak boleh langsung ke SKPD bersangkutan untuk meminta informasi ?
SKPD adalah PPID Pembantu yang menguasai informasi. Anda dipersilahkan langsung datang ke SKPD bersangkutan untuk meminta informasi. Mekanisme layanan informasinya adalah persis sama dengan PPID Utama.

Apa arti dari istilah Uji Konsekuensi ?
Uji konsekuensi adalah pertimbangan dengan seksama dan penuh ketelitian tentang dampak atau akibat yang timbul apabila suatu informasi dibuka dan adanya kepentingan publik yang lebih besar yang harus dilindungi dengan menutup suatu informasi publik.

Apa yang disebut Sengketa Informasi Publik ?
Sengketa Informasi Publik adalah sengketa yang terjadi antara badan publik dan pengguna informasi publik yang berkaitan dengan hak memperoleh dan menggunakan informasi berdasarkan ketentuan peraturan perundangundangan.

Apa arti istilah Mediasi ?
Mediasi adalah penyelesaian sengketa informasi publik antara para pihak melalui bantuan mediator Komisi Informasi.